KELUARGA BESAR RESIMEN MAHASISWA SELURUH INDONESIA MENGUCAPKAN DIRGAHAYU HARI KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA KE 74 17 AGUSTUS 2019 DAN DIRGAHAYU TNI KE 74 5 OKTOBER 2019 NKRI HARGA MATI

Senin, 18 Agustus 2014

ALUMNI RESIMEN MAHASISWA INDONESIA JAWA BARAT


ALUMNI RESIMEN MAHASISWA INDONESIA JAWA BARAT
Semboyan Resimen Mahasiswa Indonesia adalah "Widya Castrena Dharma Siddha" yang berasal dari bahasa Sanskerta. "Widya" yang berarti ilmu pengetahuan, "Castrena" yang berarti senjata, "Dharma" yang berarti kewajiban dan "Siddha" yang berarti sempurna. Arti dari semboyan tersebut adalah Penyempurnaan Kewajiban Dengan Ilmu Pengetahuan dan Ilmu Keprajuritan. Yang dimaksudkan dengan Ilmu Pengetahuan adalah segala macam cabang keilmuan yang didapat saat menjadi mahasiswa. Hal ini dipergunakan untuk menempuh jenjang karir, dengan tidak melupakan tujuan utama melakukan pengabdian kepada masyarakat. Sedangkan Ilmu Keprajuritan adalah yang bersangkutan dengan jiwa keperwiraan, keksatriaan dan kepemimpinan, bukan sekedar keahlian dalam bertempur atau pun yang sejenis.
PANCA DHARMA SATYA RESIMEN MAHASISWA INDONESIA
1. Kami adalah Mahasiswa Warga Negara, Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila.
2. Kami adalah Mahasiswa yang sadar akan tanggung jawab serta kehormatan akan pembelaan Negara dan tidak mengenal menyerah.
3. Kami Putra Indonesia yang berjiwa kesatria dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta membela kejujuran, kebenaran dan keadilan.
4. Kami adalah Mahasiswa yang menjunjung tinggi nama dan kehormatan garba ilmiah dan sadar akan hari depan bangsa dan Negara.
5. Kami adalah Mahasiswa yang memegang teguh disiplin lahir dan batin, percaya pada diri sendiri dan mengutamakan kepentingan nasional di atas kepentingan pribadi maupun golongan.

Rasa Kebanggan menjadi anggota  Resimen Mahasiswa Indonesia Widya Castrena Dharma Siddha (dengan Ilmu pengetahuan dan keperajuritan )Seragam dan Baret yang didapat  harus dengan suatu perjuangan berat harus didapat dengan  melewati suatu proses panjang dan berjenjang dengan melalui pendidikan Dasar Militer (Diksarmil ) menjadi Resimen Mahasiswa Indonesia  punya Suka dan Duka biaya sendiri ada yang di biayai dari kampus sepatu pakaian beli sendiri hampir semua yang dibadan yang dipakai  Resimen Mahasiswa seluruh Indonesia apalagi tidak digajih.dan sukarela demi Bangsa dan negara sesuai pasal 30 ayat 1 setipa warga negara siap membela tanah airnya demi Nkri .untuk memakai seragam dan baret..tidak semudah segampang  itu..masih ada pembinaan pembinaan berlanjut Suskalak Sukapin dan Hirbak Terjun dan semua kursus keterampilan yang ada di Militer mohon diingat tidak semua mahasiswa mahasiswa seluruh indonesia  bisa menjadi anggota Resimen Mahasiswa seluruh Indonesia..karena calon angota resimen mahasiswa harus siap pisik dan mental dan keperluan perlengkapan (kaporlap) harus dipenuhi,,dan syarat masuk Resimen mahasiswa pasti seorang Mahasiswa..bukan dari manapun..itulah kebanggaan dan bangga menjadi Resimen Mahasiswa Indonesia selesai pendidikan mereka mereka menjadi Alumni Menwa Indonesia Korps Menwa Nasional Indonesia (KNMI) dan Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa Indonesia (IARMI )
Kode Etik Resimen Mahasiswa Indonesia ini pada mulanya dihasilkan dalam Musyawarah Kerja I Menwa Mahawarman tanggal 12 September 1966 - 20 September 1966. Kemudian Kode Etik Resimen Mahasiswa ini diberlakukan secara nasional menjadi Kode Etik Resimen Mahasiswa Indonesia dan pertama sekali diatur dalam Keputusan Bersama Menhankam/Pangab, Mendikbud dan Mendagri RI Nomor: Kep/02/I/1978, Nomor: 05/a/u/1978 dan Nomor: 17A Tahun 1978 tanggal 19 Januari 1978 tentang Petunjuk Pelaksanaan Pembinaan Organisasi Resimen Mahasiswa.
Kemudian Kode Etik Resimen Mahasiswa diatur kembali dalam Keputusan Dirjen Persmanvet Dephankam RI Nomor: Kep/05/III/1996 tanggal 14 Maret 1996 tentang Peraturan Disiplin Resimen Mahasiswa.
Semboyan Widya Castrena Dharma Siddha ini diciptakan oleh Prof. Ir. Harsojo. Awalnya menjadi semboyan Menwa Mahawarman kemudian menjadi semboyan Resimen Mahasiswa Indonesia.

TEKAD DAN PENDIRIAN RESIMEN MAHASISWA INDONESIA

1. Bahwa Kami setia kepada Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 serta bertekad mempertahankannya dengan tidak mengenal menyerah.
2. Bahwa Kami wajib turut membina persatuan dan kesatuan.
3. Bahwa Kami menjunjung tinggi dan ikut serta membina dan mengamalkan nilai-nilai luhur kebudayaan bangsa Indonesia.
4. Bahwa Kami wajib senantiasa mengamalkan Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk kesejahteraan bangsa dan negara.
5. Bahwa Kami wajib patuh dan taat melaksanakan tata tertib Resimen Mahasiswa Indonesia.
Tekad dan Pendirian Resimen Mahasiswa Indonesia ini diputuskan dan disahkan pada Rapat Kerja VII Resimen Mahasiswa Indonesia tahun 1980 di Bandung pada tanggal 18 April 1980, dengan Surat Keputusan Kapuscadnas Dephankam RI Nomor: Skep/090/Cadnas/IV/1980 tanggal 18 April 1980 tentang Pengesahan Hasil Naskah Rapat Kerja VII Resimen Mahasiswa Indonesia. DI BANDUNG






Tidak ada komentar:

Posting Komentar